MODEL-MODEL E-BUSINESS
Istilah e-business dapat merujuk pada ineraksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
a. B2C (Business to consumer) memilki karakteristik sebagai berikut :
1. Antara organisasi dengan perorangan.
2. Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil.
3. Transaksi satu-waktu atau transaksi tidak sering terjadi.4. Secara relatif sederhana.
b. B2B (Business to business)
c. B2G (Business to government)
d. B2E (Business to education)
Meniliki karakteristik yang sama, sebagai berikut :
1. Antar-organisasi.
2. Nilai uang yang dilibatkan lebih besar.
3. Hubungan yang kuat dan berkelanjutan.
4. Pemebrian kredit oleh penjual ke pelanggan.
5. Lebih kompleks.
PENGARUH-PENGARUH E-BUSINESS ATAS PROSES BISNIS
E-business melibatkan pemakaian teknologi komunikasi dan jaringan, daripada hanya dokumen kertas, untuk bertukar informasi. Electronic data interchange (EDI) adalah protokol standar untuk secara elektronik mentransfer informasi antar-organisasi serta dalam berbagai proses bisnis. EDI memungkinkan keluaran (output) informasi suatu sistem secara elektronik ditransmisikan dan menjadi masukkan bagi sistem lainnya. Dengan meniadakan kebutuhan untuk secara manual memasukkan kembali data, EDI meningkatkan tingkat akurasi dan mengurangi biaya melalui penurunan waktu dan pengeluaran yang berhubungan dengan pengiriman dokumen, proses dokumen, dan penyimpanan dokumen kertas.
PENGARUH E-BUSINESS ATAS AKTIVITAS-AKTIVITAS RANTAI NILAI
• 1.Inbound logistics : Akuisisi produk yang dapat didigitalkan, Pengurangan persediaan penyangga (inventory buffer).
Operasi :
• Produksi yang lebih cepat, lebih akurat.
2.Outbound logistics : Distribusi produk yang dapat didigitalkan
Penjualan dan Pemasaran :
• Pelacakan status berkelanjutan.
• Peningkatan pelayanan ke pelanggan.
• Pengurangan biaya iklan.
• Periklanan lebih efektif.
Pelayanan dan Dukungan Purnajual :
• Mengurangi biaya.
• Ketersediaan pelayanan.
FAKTOR – FAKTOR KEBERHASILAN E-BUSINESS
Beberapa cara e-business dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis suatu organisasi. Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
1. Tingkat kesesuaian dan dukungan aktiivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan.
2. Kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : validitas, integritas, dan privasi.
INFRASTRUKTUR UNTUK E-BUSINESS
Kemajuan teknologi komunikasi dan jaringan, terutama Internet, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk e-business.
Jenis – Jenis Jaringan :
• Local area network (LAN)
• Wide area network (WAN)
• Value added network (VAN)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar